Senin, 07 Desember 2015

Strategi Pengambilan Keputusan dalam Organisasi



Hyundai Buat Merek Premium Bernama Genesis
06-Nov-2015
Hyundai sepertinya yakin bisa bikin mobil premium, seperti halnya Lexus pada Toyota atau Infiniti pada Nissan. Hyundai pun kini turut membuat merk premiumnya dengan nama Genesis.

Seperti yang dilansir Carscoops, keputusan Hyundai ini memakan waktu yang lama. Tetapi akhirnya mereka mengukuhkan untuk membuat merk premium mereka. Genesis akan diluncurkan dengan 6 model pada tahun 2020, dengan 1 model diperkenalkan pada Desember tahun ini sebagai awalan.

Hyundai mengatakan, Genesis akan mempunyai 4 aspek, yaitu Human-focused innovation, refined and balanced performace, athletic elegance in design serta hassle-free customer experience.
Untuk penamaan jajaran produknya, Genesis akan menggunakan alphanumeric dengan huruf G didepannya, seperti G50, G60 ataupun G80, menyesuaikan tipe dan segmennya.

Hyundai pun berjanji  akan memberi perbedaan antara Hyundai ‘tipe’ Genesis dan brand Genesis ke depannya, dengan memberikan teknologi keamanan, fitur hiburan, konektivitas dan fokus kepada pengemudi yang istimewa, berkualitas serta nyaman.

Luc Donckerwolke, Design Deivion Hyundai, yang juga merupakan mantan desainer VW Group bekerja sama dengan Peter Schreyer untuk membuatnya. Schreyer pun mengatakan “untuk membuat desain ciri khas dari merk Genesis, kami memperlihatkan percaya diri serta orisinalitas, membuat  produk yang diinginkan serta membuat pesona yang baru, dan desain yang innovatif serta proposional.”Tutup Schreyer, Chief Design Officer Hyundai.

Kita lihat nanti, seberapa hebat pabrikan Korea ini bermain di pasar premium.
 
 


Analisis :
Menurut saya langkah yang diambil Hyundai dalam meluaskan pasarnya ke segmen premium, merupakan salah satu strategi perusahaan untuk mendapatkan keuntungan lebih dan juga mengangkat citra brand Hyundai itu sendiri. Langkah ini sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh merek-merek kendaraan non-premium lainnya seperti Toyota, Nissan, dan Honda yang membuat brand premium untuk tujuan yang kurang lebih sama. Pasar mobil premium di dunia menurut saya cukup besar dan langkah yang diambil Hyundai ini sebenarnya aman-aman saja, karena Hyundai bukan pemain baru di industry ototmotif. Yang menjadi masalah dalam segmen mobil premium ini, adalah persaingannya yang sangat ketat dan diisi oleh merek-merek premium yang sudah bermain lebih lama dalam segmen ini. Sebagai contoh adalah Mercedes – Benz, BMW, Audi, Jaguar, dll, semua merek yang tadi disebutkan sudah memiliki reputasi yang baik dimata konsumen dan konsumen sudah mengenali dengan baik merek-merek tersebut. Bagi Hyundai ini merupakan tantangan yang berat, karena konsumen dalam segmen premium ini, tidak hanya mengharapkan produk yang baik, namun juga harus memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dengan yang lainnya. Hyundai terkenal dengan produk-produknya yang berharga relative murah dan memiliki desain unik meskipun menurut saya kualitas buatannya tidak sebaik merek-merek dari Jepang, Eropa, dan Amerika. Peningkatan kualitas buatan dan pemilihan material yang lebih baik menurut saya adalah hal terpenting yang harus ditingkatkan Hyundai untuk lebih menarik. Sesuai dengan berita di atas, sepertinya Hyundai sudah membuat rencana untuk meningkatkan kualitas buatan dan juga menyiapkan desian yang unik untuk merek Genesis ini.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar