Hyundai Buat Merek Premium Bernama
Genesis
06-Nov-2015
Hyundai sepertinya yakin bisa bikin
mobil premium, seperti halnya Lexus pada Toyota atau Infiniti pada Nissan.
Hyundai pun kini turut membuat merk premiumnya dengan nama Genesis.
Seperti yang dilansir Carscoops,
keputusan Hyundai ini memakan waktu yang lama. Tetapi akhirnya mereka
mengukuhkan untuk membuat merk premium mereka. Genesis akan diluncurkan
dengan 6 model pada tahun 2020, dengan 1 model diperkenalkan pada Desember
tahun ini sebagai awalan.
Hyundai mengatakan, Genesis akan
mempunyai 4 aspek, yaitu Human-focused innovation, refined and balanced
performace, athletic elegance in design serta hassle-free customer
experience.
Untuk penamaan jajaran produknya,
Genesis akan menggunakan alphanumeric dengan huruf G didepannya, seperti G50,
G60 ataupun G80, menyesuaikan tipe dan segmennya.
Hyundai pun berjanji akan
memberi perbedaan antara Hyundai ‘tipe’ Genesis dan brand Genesis ke
depannya, dengan memberikan teknologi keamanan, fitur hiburan, konektivitas dan
fokus kepada pengemudi yang istimewa, berkualitas serta nyaman.
Luc Donckerwolke, Design Deivion
Hyundai, yang juga merupakan mantan desainer VW Group bekerja sama dengan Peter
Schreyer untuk membuatnya. Schreyer pun mengatakan “untuk membuat desain ciri
khas dari merk Genesis, kami memperlihatkan percaya diri serta orisinalitas,
membuat produk yang diinginkan serta membuat pesona yang baru, dan desain
yang innovatif serta proposional.”Tutup Schreyer, Chief Design Officer Hyundai.
Kita lihat nanti, seberapa hebat
pabrikan Korea ini bermain di pasar premium.
Analisis :
Menurut saya langkah yang diambil Hyundai dalam meluaskan
pasarnya ke segmen premium, merupakan salah satu strategi perusahaan untuk
mendapatkan keuntungan lebih dan juga mengangkat citra brand Hyundai itu
sendiri. Langkah ini sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh merek-merek
kendaraan non-premium lainnya seperti Toyota, Nissan, dan Honda yang membuat brand premium untuk tujuan yang kurang
lebih sama. Pasar mobil premium di dunia menurut saya cukup besar dan langkah
yang diambil Hyundai ini sebenarnya aman-aman saja, karena Hyundai bukan pemain
baru di industry ototmotif. Yang menjadi masalah dalam segmen mobil premium
ini, adalah persaingannya yang sangat ketat dan diisi oleh merek-merek premium
yang sudah bermain lebih lama dalam segmen ini. Sebagai contoh adalah Mercedes
– Benz, BMW, Audi, Jaguar, dll, semua merek yang tadi disebutkan sudah memiliki
reputasi yang baik dimata konsumen dan konsumen sudah mengenali dengan baik
merek-merek tersebut. Bagi Hyundai ini merupakan tantangan yang berat, karena
konsumen dalam segmen premium ini, tidak hanya mengharapkan produk yang baik,
namun juga harus memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dengan yang
lainnya. Hyundai terkenal dengan produk-produknya yang berharga relative murah
dan memiliki desain unik meskipun menurut saya kualitas buatannya tidak sebaik
merek-merek dari Jepang, Eropa, dan Amerika. Peningkatan kualitas buatan dan
pemilihan material yang lebih baik menurut saya adalah hal terpenting yang
harus ditingkatkan Hyundai untuk lebih menarik. Sesuai dengan berita di atas,
sepertinya Hyundai sudah membuat rencana untuk meningkatkan kualitas buatan dan
juga menyiapkan desian yang unik untuk merek Genesis ini.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar