Kamis, 11 Februari 2016

Kreativitas



Pada tugas kali ini saya akan membuat sesuatu yang bertemkan kreativitas, yaitu membuat kotak tisu menggunakan kardus bekas. Alasan saya memilih membuatnya, karena dengan menggunkan kardus beskas kita dapat membuat kotak tisu dengan biaya yang lebih murah daripada membeli kotak tisu yang biasanya terbuat dari plastik. Kotak tisu dari plastik biasanya berharga lebih dari 10.000 dan jika dibandingkan dengan kotak tisu yang saya buat, bahan-bahan yang digunakan adalah bahan rumahan yang kemungkinan anda sudah punya. 

Untuk proses pembuatannya relatif mudah, karena tidak membutuhkan keterampilan khusus. Alat-alat dan langkah-langkah pembuatannya akan di jelaskan di bawah.

Peralatan :


1.      Kardus bekas ( Gunakan kardus yang tidak terlalu kaku agar lebih mudah dibengkokkan saat proses penyambungan ).
2.      Karton berwarna atau bisa juga menggunakan kertas asturo seperti yang saya gunakan untuk melapisi kardus.
3.      Cutter.
4.      Gunting.
5.      Lakban.
6.      Pensil.
7.      Penggaris.
8.      Penghapus
9.      Lem putih.


Langkah Pembuatan :

1.      Buatlah pola kuboid pada kardus mnggunakan pensil sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
2.      Tambahkan beberapa pola pada sebagian sisi untuk disambungkan dengan sisi lainnya menggunakan lem. Pada sisi lain yang ingin dijadikan tempat memasukkan tisu, buat pola yang sama tapi lebih panjang.
3.      Setelah membuat pola, gunting kardus.


Bisa dilihat pada gambar di atas pola yang saya maksud. Jika dilihat pada bagian sebelah kanan akan terlihat pola panjang yang tadi saya jelaskan untuk tempat memasukkan tisu.

4.      Setelah pola kuboid digunting, kita akan membuat pola yang sama pada kertas warna yang akan digunakan untuk melapisi kardus. Kertas warna yang digunakan bisa lebih dari satu warna, sesuai dengan yang diinginkan. Untuk hasil yang lebih rapi, buat pola yang mencakup seluruh bagian kardus.
5.      Gunting pola pada kertas warna yang telah dibuat.
6.      Tempel kertas asturo pada kardus.


7.      Buat lubang untuk area mengambil tisu dengan cara membuat pola di area yang diinginkan menggunakan pensil. Lalu potong pola menggunakan cutter.


8.      Pada area yang dilubangi untuk mengambil tisu, lapisi dengan lakban.
9.      Selanjutnya berikan lem pada pola tambahan untuk menempelkannya ke sisi lainnya, kecuali pola tambahan besar yang akan digunakan untuk menutup area keluar masuk tisu.



10.   Terakhir, masukkan tisu.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar