OpenGL
OpenGL
adalah sebuah program aplikasi interface yang digunakan untuk mendefinisikan komputer
grafis 2D dan 3D. Program lintas-platform API ini umumnya dianggap ketetapan
standar dalam industri komputer dalam interaksi dengan komputer grafis 2D dan
juga telah menjadi alat yang biasa untuk digunakan dengan grafis
3D. Singkatnya, Open Graphics Library, OpenGL menghilangkan kebutuhan
untuk pemrogram untuk menulis ulang bagian grafis dari sistem operasi setiap
kali sebuah bisnis akan diupgrade ke versi baru dari sistem.
Fungsi
dasar dari OpenGL adalah untuk mengeluarkan koleksi perintah khusus atau
executable ke sistem operasi. Dengan demikian, program ini bekerja dengan
perangkat keras grafis yang ada yang berada pada hard drive atau sumber
tertentu lainnya. Setiap perintah dalam dirancang untuk melakukan tindakan
tertentu, atau memulai efek khusus tertentu yang terkait dengan grafis.
GLUT (GL Utility Toolkit)
Dikarenakan OpenGL tidak menyediakan interface
sistem window ataupun input, maka untuk tujuan ini aplikasi harus mengunakan
keseragaman spesifik platform. Dengan demikian jika aplikasi yang diinginkan
tidak hanya berjalan di satu platfrom saja, maka perlu menggunakan GLUT
GLUT merupakan pengembangan dari OpenGL yang
didesain untuk aplikasi dengan level kecil hingga menengah dan menggunkan callback
function untuk menambahkan interaksi dari user. GLUT menyediakan interface
untuk menejemen window, menu, dan peralatan input (keyboard, dan mouse). GLUT
juga menyediakan fungsi otomatis untuk menggambar objek primitif (garis,
lingkaran, titik, persegi),objek 3 dimensi wire (kerangka) maupun yang solid,
seperti cube (kubus), sphere (bola), dan teapot (poci teh), cone (kerucut),
torus, dan lain-lain .
GLUT dikembangkan oleh Mark Kilgard, yaitu penulis
OpenGL Programming for the X Window System dan The Cg
Tutorial: The Definitive Guide to Programmable Real-Time Graphics, ketika
dia masih bekerja di Silicon Graphics.
Dua tujuan GLUT ialah menciptakan fleksibitas code
antar platform yang dapat dijalankan lebih dari satu sistem operasi (Windows,
Linux, Mac OS X, FreeBSD, OpenBSD, NetBSD), dan untuk lebih mudah mempelajari
OpenGL. Dengan menggunakan GLUT hanya memerlukan sedikit code dibandingkan
dengan OpenGL, tanpa mengetahui spesifikasi sistem operasi, dikarenakan OpenGL
adalah sebagai mesin.
Gambar Garis pada Program
Link ===> Dokumen Program Garis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar