PENGANTAR TEKNOLOGI SISTEM CERDAS
Aditya Noor Fauzi
10114309
3KA26
UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2016/2017
1. PENGERTIAN ARTIFICIAL
INTELLIGENCE (AI)
Kecerdasan buatan (Artificial
Intelligence) merupakan bagian dari ilmu komputer yang
mempelajari bagaimana membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan
seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia bahkan bisa lebih baik daripada
yang dilakukan manusia.
Sumber
Referensi :
2.
PERBEDAAN
KECERDASAN BUATAN DAN KECERADASAN ALAMI
Kelebihan Kecerdasan Buatan : Kecerdasan buatan lebih bersifat permanen, kecerdasan
buatan lebih mudah diduplikasi dan disebarkan, kecerdasan buatan Lebih murah, kecerdasan
buatan bersifat konsisten, kecerdasan buatan dapat didokumentasi.
Kelebihan Kecerdasan Alami : Kecerdasan alami lebih kreatif dibandingkan kecerdasan
buatan, karena manusia memiliki kemampuan untuk menambah pengetahuan, kecerdasan
alami memungkinkan seseorang untuk menggunakan pengalaman secara langsung, kecerdasan
alami menggunakan pemikiran manusia yang dapat digunakan secara luas.
Sumber
Referensi :
3.
SEJARAH
KECERDASAN BUATAN
Kecerdasan
Buaran Sendiri dimunculkan oleh seorang profesor dari Massachus Institute of Tecnology yang bernama John McCarthy pada
tahun 1956 pada Dartmouth Conferense yang dihadiri oleh para peneliti AI.
Beberapa
program AI yang mulai dibuat pada tahun 1956-1966, antara lain:
1.
Logic Theorist,
diperkenalkan pada Darthmouth Conferense.
2.
Sad Sam, diprogram
oleh Robert K. Lindsay (1960).
3. ELIZA, diprogram oleh Joseph Weinzenbaum (1967).
4. Program AI pertama yang
bekerja menjalankan mesin Ferranti Mark di University of Manchester (UK).
5. Program
permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz.
Sumber
Referensi :
4.
DASAR-DASAR
KONSEP ARTIFICIAL INTELLIGENCE
1. Thinking Humanly : The
cognitive meodeling approach
2. Acting Humanly : The Turing
Test Approach
3. Thinking Rationally : The “Laws
of Thought” Approach
4. Acting Rationally : The Rational Agent
Approach
Sumber
Referensi :
5.
DISPLIN ILMU SUB BAGIAN DARI ARTIFICIAL INTELLIGENCE
Lingkup utama dalam Kecerdasan Buatan
adalah :
1. Sistem Pakar
(Expert System) : Disini komputer digunakan sebagai sarana untuk menyimpan
pengetahuan para pakar.
2. Pengolahan Bahasa
Alami (Natural Language Processing) : Dengan pengolahan bahasa alami ini
diharapkan user dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa
sehari-hari.
3. Pengenalan Ucapan
(Speech Recognition) : Melalui pengenalan ucapan diharapkan manusia dapat
berkomunikasi dengan komputer menggunkan suara.
4.
Robotika &
Sistem Sensor (Robotics & Sensory System)
5. Computer Vision : Mencoba
untuk dapat menginterpretasikan gambar atau obyek-obyek tampak melalui
komputer..
6. Intelligent
Computer-aided Intruction : Komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat
melatih dan mengajar.
7.
Game Playing
Sumber
Referensi :
6.
ROBOTICS
Robot adalah agen – agen fizikal yang melakukan
tugas dengan memanipulasi dunia fisik. Untuk melakukannya,
dilengkapi dengan effectors
seperti kaki, roda, sendi, dan grippers.
Tiga katagori utama robot :
1. Manipulator : Biasanya terdapat di pabrik
perakitan atau di stasiun ruang angkasa internasional.
2. Mobile Robot : Biasanya terdapat di memberikan makanan di
rumah sakit, bergerak wadah loading dock, dan tugas – tugas serupa.
3. Mobile Manipulator : Robot – robot humanoid meniru bagian tubuh manusia.
7.
PERANGKAT KERAS ROBOT
· Sensor
adalah antarmuka persepsi antara robot dan lingkungan. Sensor terbagi menjadi
2, yaitu sensor aktif dan sensor pasif.
· Pengukur jarak adalah sensor yang
mengukur jarak ke obyek terdekat.
· Visi stereo bergantung pada beberapa
kamera untuk gambar lingkungan dari sudut pandang yang sedikit berbeda.
· Sensor taktil mengukur jarak
berdasarkan kontak fisik, dan dapat digunakan hanya untuk objek penginderaan
yang sangat dekat dengan robot.
· Sensor lokasi menggunakan
penginderaan jarak sebagai komponen utama untuk menentukan lokasi.
· Sensor proprioseptif
menginformasikan robot gerak sendiri. Untuk mengukur konfigurasi yang tepat
dari sendi robot.
· Sensor gaya dan sensor torsi sangat
diperlukan ketika robot menangani objek rapuh atau benda yang sebenarnya bentuk
dan lokasinya tidak diketahui.
8.
ARSITEKTUR PERANGKAT LUNAK ROBOT
· Subsumption arsitektur (Brooks,
1986) adalah kerangka kerja pengendali reaktif dari negara yang terbatas
menggunakan mesin.
· Arsitektur
hibrida menggabungkan reaksi dengan pertimbangan.
· Arsitektur
Pipa Saluran adalah arsitektur yang menjalankan banyak proses secara paralel.
9.
APPLICATION DOMAINS
Berikut adalah beberapa aplikasi domain
utama untuk teknologi robot, yaitu :
Industri dan
Pertanian, Angkutan,
Mobil, Kesehatan, Eksplorasi, Hiburan, Augmentasi
KESIMPULAN
Artificial Intelligence
(Kecerdasan Buatan) adalah suatu hal yang sangat membantu dalam memahami
berbagai hal. Dengan adanya kecerasan buatan, berbagai kegiatan dapat dilakukan
dengan lebih efisien karena konsistensi dari sebuah sistem yang mengurangi
kesalahan yang dapat terjadi pada manusia. Pada awalnya kecerdasan buatan
merupakan hal yang hanya digunakan dalam kegiatan atau instansi tertentu,
tetapi semakin berkembangnya zaman berbagai kegiatan sehari-hari yang dilakukan
oleh masyarakat biasa juga dapat dibantu oleh kecerdasan buatan ini. Perkembangan robot di
dunia saat ini sangat pesat, karena berbagai kegiatan yang tadinya dilakukan
oleh manusia semakin digantikan oleh peran robot. Transisi dari manusia ke
robot banyak dilakukan karena robot memiliki banyak keuntungan dan lebih
konsisten dalam melakukan pekerjaan. Perkembangan robot juga diikuti dengan
perkembangan artificial intelligence, karena robot menggunakan program yang
dibuat oleh manusia untuk menjalankan sesuatu, sehingga kedua hal tersebut
sangatlah berperan dalam kemajuan teknologi di dunia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar